Silaturrahim Gerakan Dakwah Komunitas Taqarrub

Oleh Ust Hidayatullah, SH.I, MH.I (Pengasuh Ponpes Hidayatullah Bekasi)





MENARIK memang silaturahim ala Gardakota ini. Bersilaturahim plus mengasah iman. Selain bisa bersilaturahim dengan teman-teman baru, bisa mengecas iman lewat taklim/pengajian dan sholat lail. Dilengkapi ba'da shubuh dengan zikir pagi dan tadarus Al-Qur’an.

Program yang digagas oleh anak-anak muda Gardakota ini sudah kedua kalinya diadakan. Pertama bulan lalu diadakan di daerah Muara Kamal - Jakarta Utara, kedua di Masjid Ar-Rahman, Pejaten Timur - Jakarta Selatan ini.

"InsyaAllah, program ini akan diadakan tiap bulan bekerja sama dengan DKM Masjid se-jabodetabek, Laznas BMH (Baitul Maal Hidayatullah), Oke Oce Masjid, dan elemen umat Islam lainnya," ujar Ust. Muhammad Isnaini, SE selaku Ketua Gardakota dan Sekjen DPW Hidayatullah Jabodebek ini.

Taklim kali ini diisi oleh Ust. Akib Junaid Qohar, seorang Muballigh kondang Jakarta, lalu dilanjutkan Taujih Ruhiyah oleh Ust. Ir. Abu 'Ala Abdullah, M.HI sebagai Ketua Dewan Mudzakarah Hidayatullah.

Program yang sangat dinantikan masyarakat ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih dekat dan akrab dengan masjid, semangat beribadah, suka bersilaturahim, dan menghidupkan syiar Islam. Programnya antara lain mulai dari Mabit, SMK (sholat malam keliling), taklim, belajar Al-Qur’an, hingga BBM (bersih-bersih masjid).

Keutamaan Silaturahim
Memang silaturahim memiliki banyak keutamaan dan kebaikan bagi yang melakukannya. Selain perintah Allah subhanahu wata'ala (QS. An-Nisa': 1), silaturahim juga dapat memperbanyak rizki dan memanjangkan umur.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

"Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (HR. Muttafaqun ‘alaihi)

Silaturahim selain menyambung kembali hubungan yang pernah terputus baik dari keluarga/kerabat, teman maupun pihak lain, bersilaturahim juga menyambung hubungan baru dengan orang lain seperti tetangga sendiri, teman kerja, dan kaum muslimin lainnya.

Subhanallah, ternyata silaturahim yang kelihatannya amalan sederhana namun memiliki keutamaan yang besar. Siapa yang ingin banyak rizkinya? Siapa yang ingin panjang umurnya? Tentu kita semua menginginkannya. Maka hendaknya rajin bersilaturahim.

Cukuplah bagi kita dengan ayat-ayat Allah dan hadits Rasulullah sebagai motivasi untuk terus menjaga dan menguatkan silaturahim.

Akhirul Kalam
Yuk mari kita gencarkan silaturahim diantara kaum muslimin. Kita jaga, rawat dan kuatkan. Plus mari terus kita mengasah iman lewat pengajian/taklim, sholat lail, zikir, dan amalan ibadah lainnya yang mana itu semua terangkum dalam program dan kegiatan Gardakota ini.

Smoga program dan kegiatan Gardakota ini bisa istiqomah dan semakin semarak kedepannya.

"Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin."

Tags :

bm
Diterbitkan oleh: Admin

Gardakota.com adalah portal berita masyarakat Jabodebek berisi informasi peistiwa dan materi dakwah kajian Islam yang diinisasi Gerakan Dakwah Komunitas Taqarrub.