Halal Bihalal Hidayatullah Jabodebek, "Perkuat Ukhuwah di Tengah Pandemi"


BOGOR - DPW Hidayatullah Jabodebek menggelar acara Halal Bihalal Kader & Jamaah mengangkat tema "Memperkuat Ukhuwah di Tengah Pandemi Covid-19" dengan menghadirkan pembicara Ketua Umum DPP Hidayatullah KH DR Nashirul Haq, MA dan Ketua DPW Hidayatullah Jabodebek Ust H. Asdar Majhari.

Acara yang digelar di Pusdiklat PQH Ciawi Bogor pada Sabtu 28 Syawal 1441/ 20 Juni 2020 ini berlangsung semarak dengan perwakilan peserta dari DPD Hidayatullah se Jabodebek.

Karena keterbatasan ruang dan tempat, panitia memang menggelar acara ini secara terbatas. Adapun yang tak hadir di lokasi, menyimak acara melalui jaringan virtual.

Adapun tema yang dibahas oleh narasumber, menekankan pentingnya selalu merekatkan jalinan ukhuwah apalagi di masa pandemi seperti saat sekarang ini.

Ketua Umum DPP Hidayatullah KH DR Nashirul Haq mengungkapkan bahwa ketika dihadapkan pada tantangan yang luar biasa, umat Islam diuji untuk menemukan solusi secara kolektif. Kalau ditinjau dari sisi ukhuwah Islamiyah, umat Islam bisa menciptakan ukhuwah wihdah atau kekuatan.

Karena itu, jalan keluar dari wabah global ini bukannya tak tersedia. Para ahli medis telah memetakan masalah dan menawarkan solusi. Yang dibutuhkan saat ini adalah kesediaan untuk membentuk solidaritas sosial.

Maka, sungguh ironis jika ada yang masih ingin mengambil keuntungan di tengah situasi terlanda Covid-19. Faktanya, Covid-19 saat ini telah menjadi pandemi global yang telah menyebar ke 210 negara, menembus batas lintas benua.

Sikap ukhuwah islamiyah dalam konteks beribadah puasa di tengah pandemi dapat diperlihatkan umat muslim di Indonesia dengan cara membuat konsensus praktik keagamaan yang maslahat.

Sementara ukhuwah wathoniyah dapat ditunjukkan dengan cara mematuhi ketetapan yang telah dibuat oleh pemerintah terkait Covid-19. Apalagi hal tersebut diperkuat oleh keputusan para ulama.








Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *