Semarak Apel Siaga DPW Hidayatullah Jakarta Sambut Ramadhan 1442


JAKARTA - Ramadhan adalah bulan istimewa yang siapapun umat muslim pasti bergembira dengan kehadirannya. Berbagai persiapanpun dilakukan, mulai dari mental hingga bekal spiritual dan bekal stamina. 

Hal itu pulalah yang kemudian mendorong Dewan Pengurus Pusat (DPW) Hidayatullah DKI Jakarta menyelenggarakan acara Apel Siaga Ramadhan 1442 yang digelar di Komplek Pondok Tahfidz Marhamah, Hidayatullah Jakarta Timur, bilangan Cipinang Cempedak I/11, Otista, Polonia, Rabu (7/4/2021). 

Ketua DPW Hidayatullah DKI Jakarta, Ustadz Muhammad Isnaini Alkindi, yang menjadi Pemimpin Upacara dalam pidatonya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah momentum spesial sehingga kita sambut dengan penuh suka cita. 

"Namun, kita tak boleh larut pada hal simbolik berupa seremoni upacara apel siaganya semata. Lebih dari itu, kita juga harus mampu menyedot dan menyadap substansi daripada puasa yang akan kita lakukan," kata Isnaini. 

Isnaini mengatakan, Rasulullah sebagaimana dicatat dalam tinta emas sejarah Islam, mempersiapkan diri masuk ke dalam bulan Ramadhan dengan penuh totalitas. 

"Menjadi sebuah keutamaan dimana kualitas Ramadhan kita juga akan ikut ditentukan oleh persiapan yang kita lakukan untuk memasuki arena 'pertarungan' di bulan Ramadhan," kata Isnaini.

Di negara kita Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim melakukan persiapan masuk ke bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan, yang paling populer kita lihat, dengan adanya istilah Tarhib Ramadhan.

"Apel siaga ini juga sebagai tarhib Ramadhan yang menjadi simbol kegiatan dalam rangka menambah pengetahuan serta spirit untuk mempersiapkan setiap diri memasuki bulan suci," imbuh ayah muda 4 anak yang selalu enerjik ini. 

Isnaini menamsilkan Ramadhan sebagai sebuah turnamen, dimana setiap mereka yang ingin ikut serta di dalamnya mutlak untuk melakukan latihan. 

"Paling tidak, harus ada persiapan berupa pemanasan kalau target keikutsertaaanya adalah ingin mendapatkan kemenangan," katanya.

Demikianlah misalnya yang dilakukan nabi seperti disebutkan dalam berbagai riwayat. Diantaranya Nabi memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya'ban serta dalam doa yang sangat akrab dengan kita agar kita disampaikan kepada Bulan Ramdhan.

Spirit kesiapsiagaan itulah yang mendasari Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah DKI Jakarta melakukan sebuah kegiatan dalam rangka mempersiapkan anggota, kader dan jamaah memasuki bulan Ramadhan tahun ini.

Kegiatan Tarhib Ramadhan yang dilakukan DPW Hidayatullah DKI Jakarta tahun tidak seperti tahu-tahun sebelumnya. Kegiatan tarhib Ramadhan tahun ini didesain memjadi Apel Siaga Ramadhan.

"Tentu ini memiliki maksud tertentu dalam rangka agar persiapan ini dilakukan lebih kuat lagi agar hasil Ramadhan menjadi Ramadhan terbaik kita tahun ini," tukas Isnaini.

Dalam kegiatan Apel Siaga Ramadhan 1442 ini, DPW Hidayatullah DKI Jakarta juga mengikrarkan beberapa poin penting yang menjadi ibadah- ibadah pendukung utama sukses Ibadah Ramadhan kita.

Poin-poin ikrar tersebut adalah: 1. Melaksanakan Ibadah Puasa penuh, 2. Siap menghatamkan Al Qur'an minimal 3 kali, 3. Siap melalsanakan Qiyamul Lail setiap malam selama Ramadhan, dan, 4. Siap dengan sunguh-sungguh Melaksanakan Gerakan Nawafil Hidayatullah (GNH).

Apel Siaga Ramadhan dipimpin langsung oleh Ketua DPW Hidayatullah DKI serta  dihadiri oleh seluruh pengurus DPW dan DPD Hidayatullah DKI Jakarta serta Armen Hidayatullah, Pemuda dan Muslimat Hidayatullah serta amal-amal usaha Hidayatullah. 

Sekretaris DPW Hidayatullah DKI Jakarta, Ust Suhardi Sukiman, S.Th.I, mengatakan kegiatan ini berlangsung khidmat yang juga turut dihadiri pengasuh Pondok Tahfidz Marhamah Hidayatullah Jakarta Timur KH Mahmud Effendi Al Bujunigoro.

"Harapan kita bahwa Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik kita, sehingga kedepan kita akan semakin siap dan mantap dalam menjalankan tugas-tugas tarbiyah dan dakwah," kata Suhardi menandaskan. (ybh/hio)






Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *