Silaturrahim Guru RQ se-Jakpus Kuatkan Agenda Dakwah di Ibukota


GARDAKOTA -- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar acara Silaturrahim Guru Rumah Qur’an se-Jakarta Pusat bertempat di kantor Rumah Qur’an Jayakarta (RQJ), Jalan Poltangan III No. 3A, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Ketua DPD Hidayatullah Jakarta Pusat sekaligus Koordinator RQ Jakarta Pusat, Anregurutta Suthiar Hajaring, SE, mengatakan kegiatan yang dihadiri 11 guru perwakilan Rumah Qur’an se-Jakarta Pusat ini mengangkat beberapa agenda pembahasan dalam rangka menguatkan dakwah di kota kolaborasi ini.

Diantaranya, Suthiar menyebutkan, pihaknya mengangkat agenda upgrading metode Grand MBA, sosialisasi pendirian Pondok Tahfidz Global Jayakarta, sosialisasi Lembaga Penjamin Halal (LPH) Hidayatullah dan pengembangan ekonomi keummatan berbasis Rumah Qur’an.

“Kegiatan ini juga dalam rangka merekatkan persatuan antar guru dan pengurus, serta saling memberi semangat dalam menjalankan kegiatan dakwah Rumah Qur’an,” kata ustadz asal Bulukumba yang beristrikan perempuan Betawi ini.

Suthiar menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus menjabarkan program pengembangan ekonomi keummatan yang memiliki peluang sangat besar untuk dijalankan di 126 Rumah Qur’an yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

“Program yang dimaksud seperti produksi donat dan bakery, serta menjadi agen home care,” kata Suthiar yang juga pernah mengemban amanah dakwah di Bontang, sebuah daerah pesisir pedalaman Kalimantan Timur.

Sepenarian dengan itu, Direktur Rumah Qur’an Jayakarta, Ustadz Adam Sukiman, dalam sambutannya mengatakan bahwa kedepan pihaknya optimis Rumah Qur’an tidak hanya sebagai wadah melahirkan generasi Qur’ani tapi juga mampu melahirkan pengusaha muslim.

“Saya kira ini visi kita yang sangat relevan. Jauh sebelum Rumah Qur’an ini berjalan, kita memiliki harapan besar agar Rumah Qur’an tidak hanya menjadi tempat belajar ngaji, tapi juga menjadi rumah pemberdayaan dan rumah literasi,” kata Adam yang juga getol bergiat dalam gerakan pengembangan generasi muda.

Alhamdulillah, kata Adam, saat ini peluang itu ada dimana RQJ telah mendapat amanah dari salah satu donator berupa bantuan pengembangan usaha donat dan bakery.

“Sehingga dengan produksi yang dilakukan di kantor RQJ bisa didistribusikan ke rumah rumah Qur’an untuk dipasarkan oleh guru guru agar ada penghasilan tambahan,” tambah Adam.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Ketua Departemen Dakwah DPW Hidayatullah Ustadz Fadli Usman Palese, Sekertaris LPH Pusat Hidayatullah Fahrurozi dan turut disemarakkan dengan kehadiran tokoh dai muda DKI Jakarta Kyai Abdul Maliki Al Hafidz.

Tags :

bm
Diterbitkan oleh: Amanji Kefron

Gardakota.com adalah portal berita masyarakat Jabodebek berisi informasi peistiwa dan materi dakwah kajian Islam yang diinisasi Gerakan Dakwah Komunitas Taqarrub.